15 Januari 2015

0

Aplikasi Edukasi, Untuk Belajar

::
Sebuah smartphone saat ini bisa digunakan secara multifungsi. Tak hanya dipakai untuk bermain dan bekerja. Sebuah smartphone ataupun tablet kini juga bisa dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran anak. Terlebih saat ini terdapat berbagai aplikasi edukasi yang menyediakan sarana belajar yang menyenangkan. Dari sekian banyak aplikasi edukasi anak yang ada di Google Play Store, Paseban telah memilih lima aplikasi yang layak untuk Pasebania coba. Aplikasi-aplikasi ini menyediakan kemudahan bagi anak untuk memperoleh pelajaran. Berikut ini adalah empat aplikasi edukasi tersebut.

Belajar Membaca
Sesuai dengan namanya, aplikasi Belajar Membaca menyediakan sarana bagi anak untuk bisa belajar membaca dengan lancar. Aplikasi edukasi ini mempunyai fitur yang sangat sederhana. Tampilannya pun tidak neko neko, sehingga tidak menyulitkan anak ataupun orang tua dalam mengoperasikannya.
Di sini, anak akan diajak untuk belajar membaca dalam empat jenis level. Level-level tersebut dibuat agar anak bisa belajar setahap demi setahap. Pertama, anak bisa diajak untuk membaca kata yang terdiri dari 3 huruf, 4 huruf, 5 huruf hingga akhirnya membaca sebuah kalimat.

Belajar Menulis
Aplikasi edukasi berikutnya yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran membaca anak adalah aplikasi Belajar Menulis. Seperti halnya aplikasi Belajar Membaca, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis. Dan aplikasi ini juga mempunyai tampilan dan fitur yang sederhana.
Aplikasi ini juga hadir dengan bahasa pengantar Bahasa Indonesia. Di sini, anak akan diajari untuk belajar bagaimana menulis alfabet. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan animasi yang bisa memudahkan anak dalam menerima pembelajaran. Tak hanya itu, di sini anak juga akan diajak untuk mengenali nama-nama benda dengan awalan huruf alfabet tertentu.

Belajar Mewarnai
Seorang anak tentunya sangat suka dengan yang namanya belajar mewarnai. Melalui aplikasi Belajar Mewarnai, Pasebania pun bisa mengajak anak atau keponakan untuk mewarnai gambar di smartphone atau tablet. Aplikasi ini ditujukan untuk anak berusia di bawah lima tahun atau anak pra sekolah.
Melalui aplikasi ini, anak akan diajak untuk mengembangkan kemampuan motorik yang dimilikinya. Selain itu, anak juga bisa diajak untuk mempelajari kombinasi warna. Menggunakan aplikasi ini pun tidak sulit. Terlebih melalui sebuah tablet dengan layar yang berukuran agak besar.

Belajar Membaca Alquran
Jika Pasebania adalah seorang muslim, tak lengkap rasanya kalau tidak mengajak anak untuk belajar membaca Alquran. Aplikasi ini pun didesain untuk memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin belajar membaca Alquran, baik anak maupun dewasa. Untuk menginstal aplikasi ini, Anda terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi Adobe Air serta menggunakan OS Android 2.3 Gingerbread atau versi yang lebih tinggi.

Sumber: Paseban

0 komentar: