9 Maret 2015

0

Kecerdasan Terlihat dari Musik Kesukaannya

::
Setiap orang pastinya memiliki genre musik yang berbeda-beda dan dari perbedaan tersebut sifat dan kecerdasan orang bisa di ketahui. Menurut seorang peneliti, kecerdasan dan kepribadian seseorang dapat diketahui melalui genre musiknya. Apakah benar ? Berikut pembahasannya

Seorang psikolog, Jason Rentfrow dan Sam Gosling mengatakan bahwa preferensi musik memiliki empat kategori yakni reflektif dan kompleks; optimis dan konvensional; energik dan berirama; dan intens dan memberontak.

Mereka melakukan penelitian pada tahun 2003 dengan meminta ribuan mahasiswa di University of Texas menyebutkan musik yang mereka suka. Dari sini diketahui bahwa seseorang yang menyukai musik jazz dan musik klasik cenderung lebih kreatif dan memiliki IQ tinggi.

Sebuah studi besar juga dilakukan di Edinburgh Heriot-Watt University. Sebanyak 36.000 mahasiswa diminta untuk menyebutkan musik yang disukainya.

Disini peneliti bisa menemukan bahwa orang yang menyukai musik pop cenderung lebih jujur tetapi tidak memiliki kreativitas, penggemar rap memiliki harga diri tinggi, penggemar musik metal cenderung memiliki kepribadian yang lembut namun kurang percaya diri, penggemar musik Indie cenderung tidak suka bekerja keras, dan bagi yang menyukai musik jazz cenderung memiliki pemikiran yang cerdas dan percaya diri.

Sumber: Independent

0 comments: