31 Maret 2016

0

Kecepatan Internet Puncak Indonesia Urutan 6 Dunia

::
Kecepatan koneksi internet broadband di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Itu terlihat dalam riset terbaru dari Akamai Technologies, perusahaan teknologi yang biasa meneliti kecepatan internet negara negara di dunia.

Di kuartal IV 2015, kecepatan rata rata internet dunia adalah 5,6 Mbps atau meningkat 23% dari tahun sebelumnya. Indonesia menjadi salah satu negara dengan lonjakan besar, khususnya soal kecepatan puncak yang masuk ranking 6 besar dunia dengan koneksi peak rata rata 79,8 Mbps.

"Indonesia menikmati peningkatan terbesar dalam hal average peak speed di kuartal IV 2015 dengan lonjakan 157% diikuti oleh Vietnam dengan peningkatan 23%," tulis Akamai dalam laporan State of the Internet terbaru.

Kecepatan puncak internet Indonesia hanya kalah dari Singapura, Hong Kong, Korea Selatan, Macau dan Jepang. Namun di sisi lain, kecepatan rata rata internet Indonesia masih berada di papan bawah, tepatnya di urutan 92 dengan 3,9 Mbps. Tapi tetap saja angka itu melonjak sampai 109% dibandingkan tahun lalu.

"Indonesia, dengan peningkatan sebesar 109%, adalah satu satunya negara di mana kecepatan koneksi rata ratanya meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya," papar Akamai.

Adapun Korea Selatan kembali menjadi juara dalam kecepatan koneksi rata rata dengan angka 26,7 Mbps. Diikuti berturut turut oleh Swedia, Norwegia, Jepang, Belanda, Hong Kong, Latvia, Swiss, Finlandia dan Denmark.

Dalam penelitiannya, Akamai mempertimbangkan berbagai indikator. Data terutama diambil dari triliunan transaksi internet yang diproses tiap harinya melalui Akamai Intelligent Platform.

0 komentar: