2 Mei 2017

0

Tim Paskibra SMPN 19 Banjarmasin Selalu Juarai Lomba PBB di Banjarmasin

::
Siap grak, luruskan! Aba-aba itu terdengar lantang dari mulut Noor Haliza saat menjadi danton tim A SMPN 19 Banjarmasin ketika mengikuti lomba PBB di SMPN 23 Banjarmasin. Tak hanya suaranya saja yang lantang, murid kelas VIII C ini pun mampu mengatur rekan-rekannya melakukan gerakan baris-berbaris sehingga kelihatan indah dan menarik. Berkat kemampuannya itu, ia dinobatkan sebagai danton terbaik ketiga putri pada event tersebut.

"Saya sangat kaget ketika diumumkan meraih juara ketiga. Soalnya, kalau saya lihat sebenarnya masih ada danton lain yang cukup bagus," ucapnya, Minggu (30/04/2017).

Menurut dia, menjadi danton bukan perkara mudah. Dirinya tak hanya memiliki suara lantang, juga harus hafal berbagai macam aba-aba.

"Saya juga berlatih teriak-teriak di rumah, supaya terbiasa menjadi danton. Juga berlatih suara perut agar jelas kata-kata diucapkan," tandas.

Paling berat, lanjut Haliza, dirinya harus rela tak minum es maupun makanan berminyak seperti gorengan supaya suaranya tak serak. Sebelumnya, lanjut Haliza, dirinya menjadi petugas penjuru berbajar. "Waktu itu saya mengatur barisan di belakang. Tugas mengatur teman-teman hadap kanan atau jalan di tempat," ungkapnya. Rekannya di Danton B, Dinda Satin S menambahkan, paling berat saat berlomba bila lapangannya terlalu kecil.

Dirinya harus bisa mengatur teman-temannya bisa melakukan gerakan tidak melanggar garis yang sudah diitentukan panitia. "Jumlah pasukan ada yang 13 orang maupun 16 orang, tergantung pihak penyelenggara," ungkapnya.

Murid kelas VII D ini pun pernah melakukan kesalahan laporan akhir saat mengikuti lomba PBB di SMA PGRI 1 Banjarmasin. "Saya baru sadar pas habis lomba ada tetinggal di laporan akhir," katanya tertawa.

Pembina Paskibra SMPN 19 Banjarmasin, Arpiyah mengatakan sebenarnya kegiatan PBB-nya sempat vakum selama setahun. "Saya mulai mengaktifkan paskibra sejak tahun 2016 lalu. Berkat dukungan Kepsek, guru-guru dan siswa sehingga mampu menoreh prestasi pada berbagai lomba," tandasnya.

Sumber: Banjarmasin Post

0 comments: